Butik Onlen

Di era globalisasi sekarang ini berbagai macam cara dilakukan orang untuk memasarkan produk . Salah satunya adalah yang paling populer sekarang ini adalah bisnis online melalui jaringan internet. Jika dulu perdagangan dilakukan dengan sistem barter, barang tukar barang. Sekarang transaksi apapun bisa dilakukan secara maya namun hasilnya nyata. Bisnis dunia maya ini semakin menarik untuk diikuti dan dilakukan. Untuk pemula seperti saya memang sangat awam dan masih kelabakan mengikutinya, nyaris babak belur!

Dulu pasar tradisional banyak di kuasai oleh para jagoan pasar, siapa yang paling kuat bertahan merekalah yang akan menguasai pasar. Zaman berubah menjadi pasar modern dengan dibangunnya mal  dan pusat perbelanjaan. Di sini pemilik modal lah yang paling kuat bertahan. Kedua cara ini sangatlah terbatas jangkauannya, pangsa pasarnya sangat terbatas.  Tapi sekarang ini justru yang paling berkembang adalah pemasaran melalui internet atau populernya internet marketing.

Dunia internet yang berkembang begitu pesat membuat para pelaku pasar bisa berinteraksi tanpa batas. Cara ini lebih efisien dan efektif bagi orang yang menguasai internet dan memiliki jaringan yang luas.  Meskipu membangun jaringan yang kuat itu tak segampang yang kita kira. Perlu keluwesan dan  kesabaran menghadapi orang orang yang tak nyata kita kenal. Memang bisnis dunia maya ini rentan dengan penipuan. Tapi kita bisa memproteksi diri kita seminimal mungkin dengan tentunya menguasai teknologi dengan canggih.

Berbisnis di dunia maya dengan jaringan yang luas meungkinkan kita bisa menjadi pelaku pasar yang  fleksibel. Penyedia segala barang bagi yang membutuhkannya. Kita bisa sebagai perantara saja antara produsen dan konsumen. Tentunya dengan perhitungan keuntungan yang memungkinkan.

Inilah awal ketertarikan saya juga bermain di bisnis dunia maya ini. Meskipun saya sangat pemula dengan diawali modal nekad dan pertemanan di dunia maya, saya mulai memberanikan diri merintis bisnis kecil kecilan di sini. Mulai dari memasarkan buku karangan sendiri bersama teman yang lain, saya juga mencoba merintis butik yang menyediakan pakaian, sepatu sendal dan assesoris untuk wanita. Tak mudah memang!

Saya memang mencoba belajar beberapa teori, tapi justru mandek dan saya bingung sendiri. Saya putuskan untuk menceburkan diri saja langsung dengan cara melakukan. Itu saja! Saya punya keyakinan bahwa apa yang saya mulai dengan sungguh sungguh suatu waktu akan membuahkan hasil. Meskipun harus jatuh bangun.

Bermodalkan rasa percaya dengan sahabat saya, saya mulai menjual produk mereka satu persatu. Saya tak terlalu memikirkan untung ruginya. Saya hanya memikirkan bagaimana cara barang ini sampai ke pembeli dan pembeli mau membeli dengan rasa puas. Bagi saya membangun kepercayaan pembeli itu penting, karena itulah modal awal untuk membangun sebuah jaringan kokoh!

Meskipun barang dagangan yang saya tawarkan saat ini masih jauh dari lengkap, saya yalin sedikit demi sedikit butik onlen saya akan mewabah. Sama halnya pertama kali saya menulis, masih acak adul, tapi saya terus menulis saja, sampai akhirnya terbentuklan buku antologi saya. Dan tulisan ini juga akan saya jadikan bagian awal dari penulisan buku solo saya, saya akan merangkai nyasedikit demi sedikit. Saya mencoba menjadikannya berjalan beriringan. Menulis dan berbisnis. Semuanya saya lakukan dengan internet di dunia maya.

Semoga harapan saya ini tak hanya terpatri di dunia maya tapi juga melaju ke dunia nyata samapi benar bisa menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi banyak orang. Semoga ya! Semoga!🙂

Tinggalkan Balasan

