Website Butik Onlen

Jika kita sudah memutuskan berbinis di dunia maya, satu hal yang kita tak boleh ketinggalan adalah memiliki website atau situs. Selain memanfaatkan jejaring sosial dan aplikasi multi media lainnya, website ini jangkauannyalebih luas lagi. Penggunaan website ini sangat mendukung untuk bisnis onlen terutama dari segi prestisenya, lebih bergengsi kedengarannya jika sudah memiliki domain sendiri. Apalagi kalau berbayar dan kita memiliki hak penggunaan atas nama domain tersebut.
Bagi seorang yang memahami internet dan progrannya mungkin tidak masalah baginya membangun sebuah website. Tapi bagi saya yang nyaris gagap teknologi, sungguh suatu tantangan besar bagi saya. Semula saya membaca sedikit teori tentang membuat website dan internet marketing, malah membuat kepala saya mumet sendiri. Akhirnya saya putuskan belajar dan melakukannya langsung sendiri. Meskipun ada beberapa teman saya yang bisa saya minta pertolongannya atau saya bayar jasanya. Ternyata terjun membuat webisite sendiri jauh lebih mengasyikkan. Saya jadi tahu dari awal mula pembuatannya sampai pendaftaran domain dan menunggu bisa live di situs internet.

Saya menata sendiri website itu, memilih gambar, tata bahasa dan warna warni latar dan jenis hurufnya sesuai yang saya mau. Bagaikan saya menata toko selayaknya. Makin lama makin asyik dan makin banyak pengetahuan yang saya dapat. Saya telah bisa membuat website butikonlen sendiri! Hehehe..Dengan bantuan panduan teman sedikit demi sedikit website saya hampir sempurna polesannya. Patutlah saya berbangga atas karya saya ini. Saya tak harus tergantung kepada oranglain, apalagi sampi harus membayar mahal.

Selesai pembuatan website saya haru s mulai membuat gambar barang yang akan saya jual di butk onlen saya. Tentunya gambar yang harus menarik minat pembeli. Inipun tidak mudah. Dengan keterbatasan kemampuan photografi , saya harus bisa memilih mana gambar yang layak ditampilkan di website saya untuk nanti dan seterusnya.

Website ini juga harus mampu saya manfaatkan seoptimal mungkin dengan membaginya langsung dengan situs atau media yang tersambung ke website saya. Ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampui. Itulah kecanggihan internet, bisa berbagi dengan siapa saja di mana saja dengan hanya sekali kirim selama semua medi a itu kita daftar atas nama kita juga di sana. Saya tak pernah menyangka bisa melakukan ini sendiri sampai sejauh ini.Hanya bermodalkan semangat dan ingin maju saya melakukannya. Meskipun kadang terasa otak mumet hati galau tapi tak ada pekerjaan yang kita niatkan selesai tak terselesaikan. Mungkin saat ini saya hanya terfokus di dunia menulis yang berkembang ke dunai bisnis, tapi buakan berarti menutup kemungkinan akan berkembang ke arah lain, menjadi menerima jasa pembuatan website barangkali, siapa tahu saja, iya ga? Selama ilmu selalu kita cari dan kita gali kemudian kita praktekan selama itu pula peluang akan terbuka lebar di depan mata. Jadi jangan pernah berhenti menjejakan langkah menulis, berbisnis, belajar dan melakukan. Mari kita lihat hasilnya nanti.

2 thoughts on “Website Butik Onlen

  1. Puas banget udah mampir ke blog ini. Saya jadi tambah termotivasi untuk terus melanjutkan dunia keaksaraan yang rasanya memang pas buat saya yang gak pinter gaul di dunia nyata n gagap kalo buat debat secara lisan.
    Saya tunggu tulisannya yang lain, kak. Terimakasih telah menjadi salah satu inspirasi saya.
    Semangaaaatttttttt !!!😀

Tinggalkan Balasan

