Bagaimana Mendapatkan Ide Menulis?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bahan tulisan,antara lain dengan mengamati lingkungan yang ada di sekitar Anda berada. Jika Anda seorang yang sering bepergian, akan makin banyak bahan yang bisa anda peroleh selama kurun waktu perjalanan Anda. Misalnya macet di jalanan, kebosanan selama dalam perjalanan bisa anda tuliskan. Atau Anda mencatat apa saja yang terjadi selama perjalanan, apa saja yang Anda lihat, misalnya anda bisa mencatat apa yang terjadi di lampu merah, atau apa yang terjadi di dalam bis yang anda tumpangi. Saya selalu melakukan hal itu. Ketika saya melakukan perjalanan naik kereta, saya mencatat mulai dari saya membeli tiket, keadaan kereta, dan mencatat obrolan saya dengan penumpang, sampai saya ke tujuan semua saya catat. Dalam perjalanan jangan lupa bawa kertas dan pena untuk mencatat supaya tak ada yang tertinggal, atau jika Anda punya daya ingat yang tajam, silahkan simpan di memori anda
yang bernama otak (saya menyebutnya sel sel kecil kelabu).

Selain itu juga Anda bisa mendapatkan ide atau bahan menulis dari membaca apa saja. Jika anda seorang kutu buku, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan ide dan mengembangkan ide itu menjadi tulisan. Saya seorang anggota jemaah fesbukiyah sangat rajin membaca status dan komentar di fesbuk saya, termasuk tagging notes maupun link yang dibagikan. Tujuan saya selain mencari hiburan, terutama untuk mencari bahan atau ide tulisan saya. Seringkali status pertemanan saya sangat menginspirasi saya untuk menjadikannya tulisan.

Jika Anda seorang yang sangat gaul dan mempunyai teman yang banyak dari berbagai kalangan sangat mendukung sekali untuk mendapatkan ide tulisan. Curhat teman, pengalaman teman yang di ceritakan ke Anda bisa juga di jadikan bahan tulisan. Atau sangat mungkin kisah pribadi Anda, atau keluarga Anda. Saya juga telah membuat catatan mengenai beberapa sahabat saya, kisah yang menginspirasi, maupun kisah sedih, ataupun yang mengundang gelak tawa. Apa saja yang Anda dan teman Anda rasakan bisa dijadikan bahan tulisan.
Biasanya dari satu ide menulis akan mengalir ide ide lain, kadang bahkan tak terbendung! Mulailah dari ide yang ringan ringan saja dulu. Sampai nanti anda akan terpikirkan untuk membuat ide ide besar. Jangan terpaku dengan apakah tulisan saya akan di baca atau tidak, tapi mulailah saja dengan menulis dulu. Sama seperti yang saya lakukan. Pokoknya menulis dulu, seiring dengan waktu tulisan Anda pun akan mulai dilirik pembaca,percayalah! Apakah Anda sudah mendapatkan ide dari tulisan saya ini, jika belum cobalah membaca lagi tulisan yang lain, jika sudah, ayo tuliskanlah!

Tinggalkan Balasan

