Bakat dan Talenta

Apa yang dimaksud dengan bakat, sedikit pengertiannya adalah kualitas atau kapasitas yang dimiliki seseorang dalam melakukan pekerjaan dengan tingkat yang beragam, artinya bakat seseorang itu berbeda beda juga kemampuannya. Bakat ini bisa diciptakan, diramalkan,di ukur prestasinya. Mungkin kita bisa melihat dengan banyaknya sekarang acara acara mencari bakat. Andapun bisa mengikutinya jika anda memiliki kapasitas untuk menciptakan bakat Anda. Sementara talenta adalah bakat yang dibawa sejak lahir, merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh sang Ilahi. Tapi talenta ini bisa hilang jika kita tak mengembangkannya sesuai bakat kita. Itulah sebabnya kita perlu mengembangkan masing masing talenta yang kita miliki menjadi bakat yang luar biasa yang berkualitas dan berprestasi.

Apa yang menjadi bakat dan talenta Anda? Kita takkan pernah tahu kalau kita tidak menggalinya. Caranya, ya dengan mencoba satu persatu kemampuan kita sampai kita menemukan di mana sebenarnya kita paling berkembang, berprestasi, berkualitas itulah bakat kita sebenarnya. Saya sangat bersyukur dianugerahi talenta yang banyak oleh Sang Ilahi,semua itu saya ketahui setelah saya mencobanya. Contohnya menulis, saya tak pernah tahu saya punya talenta itu sebelum saya kecebur di dunia tulis menulis dengan cara melakukannya, mempublish tulisan saya yang acak adul pada saat itu, tatanan bahasanya yang amburadul. Setelah saya jalani hari demi hari, tulisan saya ada perbaikan, terutama karena saya mendapatkan masukan dari orang lain.Oh, ternyata saya berbakat juga jadi penulis, asal saya mau belajar terus sampai batas kemampuan saya.

Selain itu saya juga mempunyai talenta di bidang jahit menjahit. Dulu saya sama sekali saya tak mengerti cara menjahit. Sampai suatu saat saya menganggur tak mempunyai pekerjaan, saya mengisi kesibukan dengan kursus menjahit. Dari hasil jahitan pakaian saya ternyata saya sangat berbakat, terbukti dari hasil jahitan saya yang rapi dan kemampuan saya membuat pola pola jahit yang sederhana sampai yang rumit. Saya pelajari dengan sabar dan tekun. Oh, ternyata saya berbakat menjadi tukang jahit, suatu waktu nanti saya akan buka butik jahit pakaian.

Nah, masing masing kita sudah diperlengkapi dengan talenta itu, apakah kita sudah mengembangkannya. Coba ricek kembali, mungkin ada talenta Anda yang belum tergali. Cobalah bertanya kepada orang lain itu melihat bakat yang tersembunyi dalam diri Anda. Ingatlah, suatu hari nanti masing masing kita harus mempertanggungjawabkan talenta yang sudah diberikan itu. Berapakah kemampuan kita untuk mengembangkannya? Berapakah talenta yang akan kita kembalikan kepadaNya sebagai bukti kita telah melakukan tugas kita dengan baik? Supaya nanti kita tak dihakimi sebagai pemalas yang menyianyiakan talenta yang sudah diberikan kepada kita. Saya sedang terus menggali talenta dan bakat saya.

Selamat menggali talenta dan bakat anda, yuk! 

Tinggalkan Balasan

