Dapur

Bicara soal dapur secara umum sudah dapat dipastikan perempuanlah penguasa nomor satu di lokasi ini khususnya ibu ibu. Perempuan lebih tahu letak peralatan peralatan dapur. Seorang suami yang ditinggal istri, akan kelabakan jika harus berurusan dengan dapur. Seorang pria tidak bisa menemukan mentega dalam plastik, karena dia hanya tahu mentega itu ada pada kaleng di dalam kulkas. Padahal istrinya baru saja mengeluarkan isi mentega ke dalam plastik. Suami hanya merekam mentega dalam kaleng tanpa pernah mencoba berpikir tempat lainnya. Itulah contoh salah satu kerumitan dapur bagi pria.

Kebanyakan dapur juga tempatnya terpisah dari ruangan lainnya. Di desa tempo dulu dapur sangat menjadi tidak menarik karena hanya berisi kompor alat masak dan bumbu masak.Biasanya bersebelahan dengan kamar mandi atau sumur. Juga sangat tidak bebas udara. Itulah sebabnya rata rata dapur dimari sangat pengap bercampur bau kamar mandi dan bumbu masak. Mungkin sedikit berbeda dengan dapur dirumah rumah besar di kota. Dapur sudah menjadi tempat nyaman tersendiri. Dapur sudah bersebelahan dengan meja makan bahkan dapur menjadi tempat makan dan ruang kumpul keluarga sekaligus.

Dapur mungkin tidak sepopuler ruang tamu untuk tempat berkumpul. Tapi bagaimanapun caranya dapur tetap harus ngebul. Kalau dapur sudah tak ngebul alamat pertanda bencana kelaparan sedang menghadang. Bisa jadi penghuni rumah itu sudah tak menghasilkan apa apa. Meskipun ruang tamunya penuh dengan perabotan mewah tapi kalau dapur tidak ngebul tak ada artinya. Jadi dapur itu tak bisa dipandang sebelah mata, meskipun dapur itu mungkin lebih kotor dari ruangan lainnya, dapur sangat penting bagi satu bangunan yang namanya rumah.

Saya sangat terkesan kalau nonton film film barat, mereka kadang bercinta didapur, karena dapurnya memang nyaman luas dan memungkinkan untuk itu. Saya ga tahu apakah orang kita dimari pernah melakukan itu? Di Dapur…. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s