{Kopdar } From Lawang With Love

Satu lagi cerita tentang kopdar (kopi darat biasanya istilah untuk pertemuan sahabat maya di dunia nyata, meskipun tak selalu minum kopi, bisa juga ngeteh, atau malah makan, hehehe). Kali ini saya kedatangan tamu jauh dari Lawang Malang, seorang Ustadz yang juga menulis dan motivator menulis. Beliau adalah Ustadz Abrar Rivai penulis novel “Laila” yang akan segera terbit pertengahan Juni mendatang. Juga dikenal sebagai kepala sekolah sebuah pesantren di Lawang. Sudah banyak buku Antologi yang diterbitkan oleh beliau antara lain Long Distance Friendship, Masa Kecil yang Tak Terlupa, Penghapus Mendung , dan lain sebagainyayang tak bisa saya sebut satu persatu. Kecintaannya akan dunia menulis tak lagi diragukan. Begitu juga semangatnya untuk memotivasi para penulis pemula termasuk saya untuk tidak patah semangat di dunia menulis. Bahkan untuk menerbitkan buku solo.

Rupanya kedatangan Ugan sebutan kami kepada beliau (Ugan= Ustadz Ganteng, karena itu pengakuan beliau sendiri, ganteng sekota Lawang, qiqiqiqqiqi) adalah dadakan, di luar rencana Ugan sendiri. Kunjungan ke ibukota ini dalam rangka finishing novel “Laila”. Ada beberapa hal yang harus beliau bicarakan dengan orang orang yang menjadi pendukung terbitnya novel “Laila” termasuk bertemu denga pak Ersis (EWA) dan beberapa pengurus Group Persahabatan Menulis (GPM). Saya tidak kebagian jadwal mengisi sessi yang rumit ini, saya kebagian jadwal justru pada saat Ugan mau kembali ke Malang. Mengantar Ugan kembali ke daerah asalnya!

Pertemuan kami disetting di Bandara Soekarno Hatta tepatnya Jumat 01 Juni 2012 jam 14.00. Saya sudah standby sejam sebelumnya, takut macet ,saya ternyata tiba duluan. Tak mengapa lebih baik menunggu daripada ditunggu. Apalagi yang menunggu adalah tamu jauh. Ga enak hatilah awak, iya kan? Dan, inilah pertemuan saya yang pertama dengan Ugan setelah sekian lama saya kenal di dunia maya, dan saling berkomentar di catatan maupun status. Tulisan saya juga tergabung di beberapa buku antologi yang beliau telah terbitkan. Kapan lagi beta ketemu orang yang kesibukannya selangit ini? Saya harus ketemu bagaimanapun caranya, itu pesan saya sama Ugan via seluler.

Kami kopdar berlima, saya, Abrar Rivai, Akung Krisna, Bambang Ikbal, Isparmo Seo. Jadilah saya ratu diantara pria pria yang tak pernah saya jumpai di dunia nyata ini. Jujur saya agak gimana gitu ya, duh nanti saya bicara apa ya?Tapi bukan “Risma” namanya kalau tidak berani bertemu nyata,ketakutan saya perlahan hilang, saya mencoba berpikir tenang, mencoba rileks supaya tak terlihat grogi dan kaku.Percaya diri saja! Rupanya keraguan dan keciutan hati saya langsung sirna tak berbekas begitu melihat Ugan di loket maskapai yang celingak celinguk mencari saya, pakai peci, khas seorang ustadz. Setelah saling bertanya kabar dengan senyum malu malu, di belakang saya muncul mas Akung Krisna yang langsung menjabat erat tangan saya, kerusuhan pun terjadi seperti layaknya koment koment di lapak, qiqiqiqiq.

Inilah satu bukti bahwa persahabatan maya bisa jadi nyata hanya karena kami memiliki iman dan kecintaan yang sama. Iman dan kecintaan terhadap dunia menulis. Jarak dan waktu tak lagi terasa menjadi beban demi satu misi dan visi, menulis! Cinta menulis.Disini kami kembali sharing menulis dan saling memotivasi satu sama lain. Tak sadar kami telah ngobrol sampai 4jam lebih, sampai tiba waktunya Ugan harus boarding pass, nyaris telat karena sudah dipanggil dari mikrophone khusus penumpang yang ke Surabaya supaya segera Boarding. Enak juga ngerjain Ugan, sampai harus mengejar pesawat, biar ga tertinggal. Perpisahan pun terjadi yang diakhiri cipika cipiki antara Ugan dengan Akung Krisna dan Bambang Ikbal,….saya ga kebagian, hiks…**ngarep, xixixixixixixi. Sampai ketemu lagi di launching novel “Laila” pertengahan Juni nanti di Malang. Semoga sukses maju lancar jaya!

Tinggalkan Balasan

