Menulis dan Berwirausaha

Jika dulu menulis itu adalah hanya dilakukan sebagian orang tertentu saja, misalnya para akademisi atau para jurnalis, sekarang sudah tidak lagi. Semua orang pada dasarnya bisa menulis, sama halnya orang yang bisa membaca pasti bisa menulis, pun sebaliknya. Soal tulisan jelek atau bukan, hanya pembaca yang menentukan bukan kita. Tugas kita hanyalah melakukan dengan menuliskannya. Selama tulisan itu tidak berbau provokasi maupun SARA saya pikir apapun jenis tulisan Anda akan layak layak saja dipublish minimal di dinding akun anda sendiri. Syukur syukur ada yang terinspirasi atau bahkan mungkin mengajak Anda menulis buku bareng. Minimal Antologi.

Banyak para penulis pemula termasuk saya mungkin semakin berani menapak langkahnya di jalur ini. Bahkan beberapa sahabat saya berani mengambil keputusan hengkang dari tempat kerjanya untuk fokus menulis dan memulai hidup dari menulis. Menjadi mata pencaharian. Dunia kerja yang sangat mengikat dan tidak membebaskan untuk berpikir membuat beberapa sahabat saya juga menapaki bisnis baru dengan berwirauhasa . Yang penting bisa bebas menulis.

Dunia menulis dan wirausaha semakin erat bergandengan. Bisa mengatur waktu sendiri, bebas menentukan target sendiri. Yang pasti bebas dari tekanan dari atasan maupun manajemen. Saya sudah mengenal seorang penjual siomay, penjual mie, penjual nugget, penjual ayam bakar maupun pebisnis sepatu bordir yang merangkap juga sebagai penulis. Mungkin akan bertambah deretan bidang usaha lain yang merangkap sebagai penulis juga. Meskipun orang kantoran bisa juga sambil menulis. Tapi soal kebebasan dunia wirausahalah pilihan yang tepat.

Menulis dan berwirausaha itu pada dasarnya sama, harus ada tahap awal, berani mengambil keputusan, berani mengambil langkah awal, memulai. Jika tidak semua itu takkan pernah terjadi. Saya juga tidak menampik membangun usaha itu segampang membalik telapak tangan. Perlu kesabaran juga ketekunan tentunya selain modal. Tapi jika tak dilakukan sama sama tidak akan terjadi, takkan membuahkan hasil. Dunia menulis juga membantu kita membuka pintu ke dunia yang lebih luas, salah satu cara juga untuk membuka jaringan bagi wirausaha anda. Nah, ingin memulai, yuk kita lakukan saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s