Fiksimini

Fiksimini adalah sebuah cerita pendek tak lebih dari 140 karakter tapi mengandung unsur unsur karakter, plot dan suasana. Fiksimini berkembang pada awalnya di duniamaya yaitu Twitter dan Facebook. Walaupun fiksimini hanya cerpen singkat, tapi cukup bisa mengadu aduk perasaan pembacanya, terutama yang berending dramatis, meskipun banyak yang terkesan seperti puisi atau cerita humor.

Awalnya saya tak tertarik menulis fiksimini ini, karena saya tidak dapat feel nya, dan otak saya menjadi mumet merangkai kata yang demikian terbatas menjadi sebuah cerita yang mengandung makna. Semuanya menjadi lebih rumit lagi karena tak pernah dicoba.

Akhirnya saya mencoba mencari refrensi fiksimini di lapak lapak tetangga, menyimak cara mereka menulisnya dan sayapun memberanikan mempublish fiksimini saya yang pertama yang tentunya jauh dari kategori bagus, tapi nekat!

Untungnya, sebuah Buku Antologi Fiksimini yang dikerjakan oleh 26 pengarang Indonesia terbit beberapa bulan lalu, saya langsung memesan. Buku ini sangat membantu saya untuk memahami dan mengembangkan cerita dengan lebih bervariasi. Saya mulai menyukai fiksimini dan mencoba mencari cari ide cerita lain, saya mencatat setiap ide itu muncul di kepala saya. Seperti biasanya, jika krannya sudah dibuka, tulisan pun mengalir satu persatu.

Antologi Fiksimini

Tinggalkan Balasan

