Menulis Dengan Tidak Menunda

Ketika nama saya dipanggilin oleh Pak De Heri Cahyo untuk ikut mengisi artikel Tips Menulis di Grup PNBB, hayah…saya langsung garuk garuk kepala yang tak berketombe. Lah, saya saja menulisnya masih moody alias tergantung suasana hati. Hasilnyapun sering asal saja dengan thema yang berragam yang tak pernah saya pikirkan. Saya hanya melakukan saja tanpa menunda ketika mood bagus saya lagi hadir. Dan saya harus membuat Tips Menulis? Siapa takut!

Sesungguhnya sejak kita tahu baca tulis, kita semua memiliki bakat menulis. Hanya saja aturan aturan yang mengikat mengenai dunia tulis menulis membuat kebanyakan orang untuk urung mengeluarkan isi pikirannya. Takut dikritik, tidak dibaca orang, dihina dan dianggap aneh mengungkapkan isi pikiran sendiri membuat banyak orang mengurungkan niat untuk merangkai kata kata tersebut dalam bentuk tulisan.

Maka jadilah isi pikiran itu menumpuk dan keluar dalam bentuk keluhan dan ngedumel yang tidak jelas. Beruntung sekali saya berkenalan dengan orang orang yang membebaskan saya dari aturan aturan menulis yang mengikat dan memberatkan itu. Saya mulai menyalurkan bakat dan kemampuan menulis saya dengan membuat catatan apa saja yang kebetulan melintas pada saat itu dipikiran saya. Segera saya melakukannya tanpa menunda. Jadilah tulisan demi tulisan, mengalir begitu saja. Tujuan saya hanya mengeluarkan isi dari pikiran saya supaya tak mampet.

Sedikit berbeda memang jika kita harus menulis sesuai thema untuk tujuan tertentu. Kita seolah olah ditantang untuk mengembangkan daya kreativitas menulis kita. Otak memang sedikit dipaksa untuk berpikir. Tapi jika sebelumnya kita sudah melatih diri untuk menulis, hal itupun tidak menjadi kesulitan lagi. Tinggal mencari saja bahan bahan yang disesuaikan dengan thema, rangkai kata katanya,lakukan tanpa menunda. Saat kita menunda mood hilang isi pikiran pun sudah buyar dan tertimpa oleh pikiran yang lain.

Nah, anda ingin menulis silahkan segera, jangan dipikirkan lagi apa yang akan anda tulis. Biarkan semua mengalir apa yang ada di pikiran Anda, bahkan itu sesuatu yang tak berartipun bagi anda, mungkin bagi orang lain bisa jadi sangat berarti. So, tunggu apa lagi?

Tinggalkan Balasan

