Raditya Dika

Selama beberapa minggu terakhir ini saya sangat terkesan dengan salah satu penulis muda terkenal Indonesia, namanya Raditya Dika. Rupanya saya termasuk golongan manusia kurang gaul sampai sampai saya tak tahu siapa RD ini. RD ini adalah penulis kreatif yang bukunya sudah menjadi bestseller. Salah satu bukunya yang sudah di filmkan adalah “Kambing Jantan”, dan belum saya baca belum saya tonton.Awal ketertarikan saya dengan RD ini adalah ketika iseng saya nonton youtube stand comedy nya yang telah ditonton jutaan kali ternyata. Duh kuper banget sih gw! Pertama kali saya nontin youtubenya Radith saya langsung jatuh cinta denga komedinya yang kocak habis!Suer…

Saya pun penasaran mencari tahu siapa RD ini? Saya pernah sekilasmelihat di tipi Kompas, tapi saya tak terlalu menelususrinya karena saya memang bukan peminat tayangan tipi lokal pada saat itu. Apalagi acaranya adalah lomba melucu kalau ga salah si Radith ini jadi jurinya. Saya benar benar tak tertarik. Hasil telusur saya di mbah gugel nemulah bahwa si Radith ini rupanya penulis. Bah! Yang menarik bagi saya bukan karena kepopulerannya, akan tetapi awalan dianya menjadi penulis itu yang membakar semangat saya.
Berawal dari kebiasaannya menulis di sebuah diary sejak kelas empat SD RD sudah terpikir untuk meninggalkans ebuah karya bagi anak cucunya nanti. Duh anak sekecil itu sudah berpikir sangat panjang ke depan. Di situlah dia mengawali segala coretan coretannya yang kemudian dia pindahkan ke sebuah blog pribadinya. Dari tulisan di blog inilah seorang temannya menyuruhnya untuk menawarkan semua tulisannya ke sebuah penerbit yang kemudian diterbitkan sebagai buku pertamanya. Awal penjualan bukunya sangat sulit laku, begitu cerita Radith di salah satu stand up comedynya.Kemudian sang ibu turun tangan membantu pemasarannya dengan cara membeli semua stock buku yang ada pada saat itu dan kemudian membagikannya ke para pembaca, strategy marketing yang jitu, itulahj awalan buku RD mulai dikenal orang banyak sampai menjadi bestseller dengan buku buku berikutnya.

Banyak hal yang saya pelajari dari keberhasilan seorang Raditya Dika, mulai dari motivasi menulisnya, kreativitas menulisnya dalam blognya, juga gayanya saat melakukakan stand up comedy, boleh saya katakan RD memilikki kekhasan yang berbeda dengan yang lain. Saya ngefans berat dengan tulisan dan komedi ala Radith ini. Boleh dibilang radith sangat kritis menyoroti masalah sosial yang terjadi terutama pada kaum anak muda. Muali dari bahasa alay, gaya berpakaian grup smash,gaya berpacaran anak abege, sampi kritik iklan tipi lokal nasional. Sangat mengena dan tajam meskipun di sajikand engan cara yang lucu.

Meskipun apa yang saya tuliskan ini hanya sedikit dari yang saya tahu tentang Raditya Dika, setidaknya saya telah membuat satu catatan tentang penulis muda yang sangat berbakat dan bermulti talenta menurut saya. Bahwa seorang yang terlihat serius itu bisa juga melucu atau sebaliknya yang terlihat lucu itu bisa juga serius. Satu kutipan yang saya baca dari blog RD “Menulis adalah tentang bagaimana cara kita menunjukkan dan menceritakan sesuatu pada pembaca agar pembaca kita ikut merasakan apa yang ingin kita sampaikan”
Sungguh saya banyak belajar dari seorang Radith dari motivasi menulisnya. Semoga RD bisa menghasilkan buku buku bestseller lainnya yang tentunya lebih bermanfaat dan berbobot tak hanya bisa di konsumsi kawula muda tapi tuga kawula tua, hehehe.

Tinggalkan Balasan

